VISI DAN MISI DESA

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa.

Pembangunan pada dasarnya adalah suatu proses perubahan struktural dan kultural untuk mewujudkan kondisi ideal yang diharapkan melalui pencapaian sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan dan dilaksanakan secara sistematis dan berkelanjutan melalui tahapan yang direncanakan dengan mendasarkan pada kondisi yang ada. Untuk mewujudkan kondisi ideal tersebut maka Pemerintah Desa Saradan bersama BPD, Tokoh Masyarakat dan Lembaga Desa yang ada menetapkan Visi Desa Saradan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Desa Saradan Nomor 5 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM) Desa Saradan Tahun 2016 – 2021 yaitu :

“TERWUJUDNYA MASYARAKAT YANG  ADIL DAN SEJAHTERA DALAM SUASANA YANG TENANG, DAMAI, AMAN, BERSIH, DAN RUKUN

 

Berdasarkan visi yang telah ditetapkan tersebut selanjutnya dijabarkan kedalam misi untuk mewujudkan visi tersebut diatas, penyusunan misi dengan menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Desa Saradan maka misi Desa Saradan adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Saradan adalah mengadakan penyuluhan dan pelatihan usaha kecil menengah, pelatihan keterampilan, pemberian bantuan benih dan juga pelatihan agrobisnis untuk para petani dan peternak. Pengembangan lembaga perekonomian mikro yang ada dan pemberian motifasi kepada masyarakat untuk pengembangan usaha mandiri diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

  • Meningkatkan sarana dan prasarana pertanian dan akses jalan

Mengingat sebagian besar mata pencaharian penduduk Desa Saradan adalah dibidang pertanian, maka sarana dan prasarana pertanian dan akses jalan menjadi sangatlah utama dan Pemerintah Desa Saradan Kecamatan Pemalang telah melakukan upaya itu dengan mengajukan permohonan bantuan untuk pengerasan jalan penghubung antar desa yang terletak di Blok Kesambi Kuning, Pengrosokan jalan pertanian di Blok Pesapen yang digunakan sebagai akses jalan pengangkutan hasil-hasil pertanian.

  • Meningkatkan keamanan dan ketentraman masyarakat

Peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan dan ketentraman dengan pelaksanaan siskamling dan ronda malam secara bergantian, kegian pertemuan rutin anggota Linmas pada tanggal 5 setiap bulan bertujuan untuk menggalang rasa aman dan sebagai forum rembug untuk pemecahan masalah-masalah ketertiban yang ada. Pemeliharaan lampu penerangan jalan umum juga bertujuan untuk menjaga keamanan warga pada malam hari. Dalam menjaga keamanan dilingkungan kantor, Pemerintah Desa juga melaksanakan piket malam di Kantor Kepala Desa dan juga Sarana Pemerintah Daerah lainnya.

  • Meningkatkan kebersihan lingkungan

Kebersihan lingkungan menjadi prioritas utama misi Desa Saradan, karena dengan kebersihan maka derajat kesehatan masyarakat juga akan meningkat. Upaya-upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan pengertian dan penyuluhan akan arti pentingnya kebersihan lingkungan, kegiatan K-3 juga rutin dilaksanakan untuk mencegah penyakit demam berdarah. Pembangunan fisik yang dilaksanakan adalah pembuatan Talud  jalan Desa dan Pengaspalan Jalan lingkungan di RW 01 dan RW 02, kegiatan jum’at bersih juga dilaksanakan secara terus menerus.

  • Peningkatan ketersediaan dan kualitas infrastruktur sebagai upaya mendukung percepatan pembangunan, peningkatan keterpaduan pemanfaatan ruang dan pusat pertumbuhan, peningkatan gairah aktifitas ekonomi

Pembangunan infrasuktur di masyarakat menjadi prioritas utama guna peningkatan dan percepatan pembangunan di lingkungan seperti pembangunan talud/senderan, pembangunan jaringan air bersih, pengaspalan jalan lingkungan, perbaikan ruang pelayanan kantor Kepala Desa dan pembangunan fisik lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

  • Peningkatan kesejahteraan dan keadilan dengan upaya memaksimalkan potensi yang ada di desa

Upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Desa Saradan dalam hal tersebut diatas adalah dengan menggali potensi dan sumber daya masyarakat desa, pemberian kesempatan berusaha dan mengembangkan diri seperti pelatihan keterampilan dan usaha, mengirimkan aparatur untuk mengikuti diklat dan pelatihan baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang maupun pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh UPK PNPM P2KP, mengembangkan potensi kepemudaan baik dibidang sosial, kesenian maupun keolahragaan.

  • Peningkatan hubungan baik dan pengembangan semangat kekeluargaan dan kegotong royongan

Meningkatkan kualitas kehidupan beragama dengan saling menghormati, tolong menolong dan menjunjung tinggi semangat kekeluargaan dilakukan dengan upaya pemberian bantuan stimulan untuk perbaikan sarana dan prasarana fisik tempat ibadah agama Islam yang mayoritas dianut oleh masyarakat Desa Saradan diharapkan akan meningkatkan kualitas peribadatan, Pembinaan Organisasi masyarakat dan kepemudaan.

Peningkatan peran aktif masyarakat dalam pendidikan agama Islam berupa berdirinya Taman Pendidikan Al-Qur’an, peran aktif dari Ustadz dan Ustadzah dalam kegiatan pengajian di Masjid dan Mushola serta terbentuknya kelompok-kelompok pengajian khusus/jama’ah tahlil perempuan dan laki-laki yang dilaksanakan secara rutin dan intensif seminggu sekali bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan beragama.

Kegiatan kerja bhakti adalah upaya dalam rangka memelihara semangat kerukunan dan kegotong royongan masyarakat juga kegiatan-kegiatan peringatan hari besar nasional dan hari besar Islam.