Tak Berkategori

Sosialisasi Tahap I Jamban Sehat

Saradan (25/10) Pemerintah Desa Saradan menyelenggarakan Sosialisasi  Tahap I Jamban Sehat menuju Desa ODF (Open Defacation Free) atau  Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) Tahun 2019. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Jum`at tanggal 25 Oktober 2019 yang bertempat di balai Desa Saradan. Dan dihadiri oleh warga di wilayah Dusun Pesapen maupun Dusun Saradan yang belum memiliki jamban sehat, dan memiliki jamban tapi masih dialirkan ke sungai.

Narasumber dari Puskesmas Paduraksa oleh Petugas Kesehatan  (Dias), beliau menyampaikan bahwa Buang Air Besar Sembarangan (BABS) adalah salah satu penyebab Stunting dilingkungan sekitar.dimana  dari Program pemerintah pusat agar Indonesia bebas dari stunting. Beliau menyampaikan bahwa sanitasi yang baik adalah awal dari kesehatan keluarga dan lingkungan.

Kepala Desa Saradan (Herry Kuswadyono) menyampaikan bahwa Desa Saradan akan menuju ODF, untuk bantuan sanitasi sehat pemerintah siap menyediakan anggaran untuk mempercepat ODF secara bertahap, dari data yang sudah teridentifikasi di Desa Saradan masih ada sekitar 120 rumah yang belum memiliki jamban Sehat.

Dari kegiatan tersebut diharapkan warga sadar akan pentingnya sanitasi yang sehat dimulai dari keluarga sendiri hingga lingkungan sekitar, sehingga menuju Indonesia yang Sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *