Tak Berkategori

PELATIHAN KEGIATAN KAPASITAS KPMD SE-KECAMATAN PEMALANG 2019.

Kegiatan yg dilaksanakan selama 2 hari di Objek Wisata Jambe Kembar Kecamatan Belik ini dihadiri oleh kader-kader KPMD dari seluruh desa se-Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, tak terkecuali Desa Saradan.

Kegiatan ini dimaksudkan agar KPDM se-Kecamatan Pemalang lebih aktif dan partisipatif dalam memantau/mengawasi serta terlibat langsung dalam pembangunan desa terutama prioritas penggunaan dana desa (DD), partisipasi masyarakat, serta intervensi penggunaan dana desa yg diisi oleh Tenaga Ahli PMD Kabupaten Pemalang, Setia Pambudi.

Selain itu, Camat Pemalang Suhirman juga hadir untuk memberikan motivasi kepada para kader KPMD agar lebih meningkatkan inovasi di masing-masing desanya yaitu dalam menghadapi dunia global yg perkembangannya begitu cepat. Tentunya dengan permasalahan dan solusinya yg semakin dinamis diperlukan juga responsibility, kemauan & kemampuan serta managemen yang disesuaikan den     gan situasi dan kondisi yg bisa berubah sewaktu-waktu.

Beberapa tujuan daripada dibentuknya KPMD adalah :

※ Mendampingi kepala desa dalam hal pengorganisasian pembangunan desa (identifikasi pelaksanaan musdus & MusDes RKPDes di desa masing-masing).

※ Mengumpulkan data-data yg diperlukan sebagai dasar penyusunan perencanaan pembangunan desa (membantu penyelesaian kuesioner pemukhtakhiran data IDM)

※ Menumbuhkembangkan serta menggerakan prakarsa, partisipasi aktif, dan swadaya gotong royong (meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan Musyawarah Desa/Musdes)

 

※ Menyebarluaskan & mensosialisasikan program-program pembangunan desa kepada masyarakat dgn mengefektifkan penggunaan media informasi di desa (website, sms, papan informasi, papan proyek/kegiatan, poster dana desa)

※ Memastikan terlaksananya tahapan kegiatan program pembangunan di desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelestarian secara parsitipatif, transparan, dan akuntabel (memantau progres penyusunan dokumen perencaan pembangunan desa/ppd, seperti dokumen RPJMDes, RKPDes dan APBDes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *