Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Se-Kecamatan Pemalang

Pemalang (11/10) Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Pemalang melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa tingkat Kecamatan Pemalang. Pelaksanaan Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut yaitu Kamis, Jum`at dan Sabtu, dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Pelatihan dilaksanakan dengan dua lokasi, yaitu didalam kelas dan diluar kelas. Didalam Kelas dilaksanakan dua hari di SLB Negeri Kabupaten Pemalang Jalan Cipto Mangunkusumo Pemalang. Dan diluar kelas dilaksanakan di OW Wippas Desa Surajaya Kec Pemalang Kab Pemalang.

Pelaksanaan didalam kelas diikuti oleh Sekretaris Desa, Kaur Perencanaan, Kaur Keuangan, Kasi Pemerintahan, dan Kasi Kesra. Sedangkan yang berada di luar Kelas diikuti oleh seluruh perangkat di wilayah pemerintahan desa. Antara lain Sekretaris Desa, Kaur Perencanaa, Kaur Keuangan, Kaur TU dan Umum, Kasi Pemerintahan, Kasi Kesra, Kasi Pelayanan dan seluruh Kadus diwilayah desa masing-masing di Kecamatan Pemalang.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut antara lain, Pengawasan dan Pembinaan tentang Dana Desa, dan sumber dana lainnya oleh Camat Pemalang. Tehnik Penyusunan Peraturan Desa oleh TA PMD. Perencanaan Partisipatif oleh Sekcam Pemalang. Tehnik Penyusunan RPJM, RKP, dan APBDes oleh TA PP. Program Inovasi Desa (PID) oleh TA PP. RAB, Pengadaan barang dan jasa di Desa oleh TA ID. Tupoksi dalam Organisasi Pemerintah Desa oleh Sekcam Pemalang. Pengelolaan Keuangan Desa dan Teknis Penyusunan Laporan Desa (LRA,LKPJ, LPPD) dan laporan kegiatan oleh Dinpermasdes. Dan terakhir Pendidikan pembentukan mental berkarakter oleh Koramil.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *