Program Rintisan UMKM Bakso Lele “Soleram” oleh Mahasiswa KKN UNDIP 2018

SARADAN Sabtu 4 Agustus 2018, Tim KKN II Undip 2018 melaksanakan program multi dengan tema “Rintisan UMKM Bakso Lele “Soleram” di Desa Saradan” yang meliputi Pengenalan Budidaya Ikan Lele Skala Kecil, Pengelolaan Air Menggunakan Mini Water Filter untuk mengurangi air dari kandungan Fe dan Mn, Pengolahan Bakso Lele dan Keripik Lele serta Perizinan Membuka UMKM Skala Mikro menurut Ketentuan Hukum.

Kegiatan ini dilaksanakan pukul 13.00-16.00 dan dihadiri oleh 10 orang peserta yang sebagian besar didominasi oleh ibu-ibu PKK. Selama kegiatan berlangsung, peserta sangat antusias memperhatikan materi yang disampaikan. Materi disampaikan oleh Hilda Novita Dewi, Faradiba, Endah Saivira Mauliasari dan Gusto Hartanto. Kegiatan dimulai dengan pengenalan budidaya ikan lele skala kecil berdasarkan Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) oleh Hilda Novita Dewi. Budidaya ikan lele skala kecil yang sudah ada di Desa Saradan tepatnya RW 3 menjadi tempat favorit bagi peminat ikan lele. Peminat ikan lele di Desa Saradan adalah perangkat desa, guru hingga masyarakat umum.

Materi pertama bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai cara membudidayakan ikan yang baik agar mengurangi resiko kematian pada ikan saat dipelihara. Kemudian, materi kedua yang disampaikan oleh Faradiba mengenai mini water filter yang dapat digunakan dalam budidaya ikan lele untuk meminimalisir Fe dan Mn yang berbahaya bagi pertumbuhan ikan lele. Selain dapat digunakan untuk budidaya ikan lele, mini water filter ini juga dapat digunakan untuk keperluan mandi, cuci piring dll. Namun, tidak dapat digunakan langsung untuk minum. Materi ketiga yang disampaikan oleh Endah Saivira Mauliasari mengenai pengolahan bakso lele “Soleram” dan keripik lele. ‘Soleram” merupakan akronim dari bakSO LEle saRAdan Maknyus. Pengolahan bakso yang digunakan menggunakan sentuhan teknologi yaitu 3 kali cuci dengan air es dan 2 kali rebus dengan suhu yang berbeda. Materi keempat yang disampaikan oleh Gusto Hartanto mengenai perizinan membuka usaha seperti Perizinan Industri Rumah Tangga (PIRT), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Adanya penyampaian materi ini diharapkan masyarakat tergugah untuk mendirikan usaha yang dapat menambah pendapatan sehingga perekonomian masyarakat Desa Saradan dapat meningkat.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *